Bahaya Terlalu Sering Minuman Suplemen Energi


Minuman suplemen energi dipercaya sebagian orang sebagai minuman yang ampuh untuk mengembalikan energi yang hilang setelah beraktivitas. Rasanya yang manis dan menyegarkan memang menjadi godaan setiap orang untuk meminumnya apabila setelah aktivitas olahraga. Tapi, tahukan Anda di balik minuman menyegarkan tersebut ternyata kandungan yang ada di dalamnya tidaklah baik untuk kesehatan? Berikut efek buruk yang ditimbulkan akibat terlalu sering mengkonsumsi minuman berenergi :
  1. Naiknya Kadar Gula Darah. Minuman berenergi memiliki kandungan gula yang banyak dan ini sangat berbahaya bagi tubuh Anda. Beberapa minuman tertentu bahkan mengandung hingga 13 sendok gula di setiap kemasannya. Kelebihan gula dapat menekan sistem kekebalan tubuh dan menyebabkan kenaikan berat badan serta naiknya kadar gula dalam darah yang menyebabkan berbagai penyakit seperti stroke dll. Baca juga Khasiat Pisang untuk menurunkan kadar gula dalam darah.
  2. Ketergantungan Kafein, Zat kafein merupakan bahan utama pada minuman berenergi karena meningkatkan daya tahan,kecepatan,dan tenaga. Tetapi konsumsi kafein dalam jumlah berlebih dapat menimbulkan efek negatif. Tubuh akan terbiasa untuk mengonsumsi kafein dan akan ketagihan untuk terus mengonsumsi kafein yang ada pada minuman berenergi tersebut.
  3. Insomnia, Mengkonsumsi minuman berenergi memang memberikan tambahan tenaga sebagai bekal menjalani segala aktivitas yang ada terutama olahraga. Tapi ternyata energi yang dihasilkan dari minuman tersebut akan tetap ada hingga malam hari dan energi inilah yang menyebabkan kita menjadi susah tidur karena otak terangsang untuk melakukan kegiatan.
  4. Mempengaruhi Suasana Hati. Penelitian menunjukkan bahwa konsumsi minuman energi dalam jumlah banyak dapat menurunkan kadar serototin dalam tubuh. Serototin dikenal sebagai neurotransmitter yang berpengaruh pada suasana hati kita. Penurunan ini erat dikaitkan dengan depresi dan suasana hati yang buruk.
Demikian Tips Sehat dari kami, semoga bermanfaat bagi sobat semua.

1 komentar:

New House mengatakan...

minuman sejenis itu sudah menjadi minuman anak-anak usia dini sekarang, parahnya iklan di TV tak dibarengi dengan info kesehatan yang seimbang

Posting Komentar

Recent Post

Hi Stats